Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021.

Newsmax, jaringan berita sayap kanan dengan secara rutin menjajakan teori konspirasi tak berdasar yang mendukung Donald Trump, pada akhir pekan mulai menayangkan klarifikasi panjang tentang liputannya tentang penipuan pemilih dalam pemilihan presiden.

Pada pernyataan hampir dua menit dengan dibaca di semua acara Newsmax, saluran tersebut pada dasarnya berjalan tertinggal dari klaim tidak berdasarnya tunggal bahwa perusahaan sistem pemungutan suara elektronik Smartmatic dan Dominion berperan dalam semacam upaya jahat untuk mencuri pemilihan.

" Ada beberapa fakta dengan harus diketahui oleh pemirsa dan pembaca kami, " kata pembawa acara John Tabacco pada hari Senin, sebelum menyanggah daftar panjang klaim konspirasi.

“Baik Dominion maupun Smartmatic tidak memiliki hubungan apa pun dengan George Soros. Smartmatic adalah perusahaan AS dan tidak dimiliki oleh pemerintah Venezuela, Hugo Chavez, atau pejabat atau entitas asing mana pun. Smartmatic menyatakan tidak ada proses di Venezuela, ”lanjutnya.

Upaya Newsmax untuk " mengklarifikasi" misinformasinya, yang bernada hafalan pernyataan hukum, disampaikan setelah Smartmatic mengeluarkan serangkaian intimidasi hukum kepada jalan sayap kanan pekan lalu menuntut pencabutan dan menyarankan itu mampu mengajukan tuntutan hukum pencemaran tanda baik. Sejauh ini, Fox Business, Fox News dan Newsmax telah menayangkan segmen yang tampaknya dimaksudkan untuk membela diri dari kesibukan hukum tersebut.

Pada hari Jumat, pembawa acara Fox Business berperingkat teratas, Lou Dobbs menjalankan segmen pura-pura dengan pakar keamanan pemilu Eddie Perez menggugat berbagai klaim terkait Smartmatic & Dominion. Acara pembawa acara Fox News Jeanine Pirro menatangkan klip yang sama pada hari Sabtu, menampilkan Perez dengan menyatakan dia tidak melihat bahan kecurangan pemilihan terkait dengan Smartmatic.

Setelah klip itu ditayangkan, Perez mengatakan kepada CNN bahwa dalam pembicaraan awal dengan Fox dia tidak tahu kalau dia akan ditanyai tentang Smartmatic atau bahwa wawancaranya akan berfungsi sebagai pemeriksaan fakta untuk jaringan tersebut. Perez juga menyebut keterangan Fox News tentang pemilihan itu " tidak berdasarkan fakta".

Klarifikasi pada Newsmax dan Fox adalah perubahan kebijakan yang tiba-tiba setelah berminggu-minggu menaikkan konspirasi terkait dengan integritas pemilu karena media sayap kanan berusaha menyarankan bahwa pemilu tidak pernah diputuskan dan bahwa Trump masih mampu menang. Untuk melestarikan khayalan tersebut, banyak media yang memahami teori konspirasi yang berbelit-belit untuk menyajikan kepalsuan bahwa ada kecurangan pemilu yang meluas – seringkali secara bantuan penasihat Trump sebagai tamu. Rudy Giuliani, pengacara pribadi Trump, muncul di beberapa acara Fox untuk menyiarkan konspirasi tentang Dominasi dan Smartmatic setelah pemungutan pandangan.

Bahkan sebelum pemilu, Trump dan sekutunya pada media sayap kanan juga memprioritaskan penonton atas klaim penipuan pemilu terkait mesin pemungutan suara. Pada akhir Oktober, pembawa acara " Fox & Friends" Brian Kilmeade secara keliru menyarankan bahwa pemirsa harus menghiraukan " mesin pemungutan suara dengan dimiliki George Soros". Kebohongan seputar sistem pemungutan suara ini terutama mendapatkan daya sentak di antara kegiatan konspirasi QAnon pro-Trump, yang menempel pada informasi yang salah sebagai bukti kemenangan Trump.

Smartmatic sebelumnya mengutuk Trump dan media sayap kanan yang mempromosikan teori konspirasi tentang perusahaan, dengan kepala eksekutif Antonio Mugica mengklaim bahwa kebohongan telah merusak kepercayaan pada pemungutan suara elektronik dengan internasional dan merugikan perusahaan dengan finansial. Minggu lalu, penasihat ijmal Smartmatic mengeluarkan surat setebal 20 halaman kepada Fox News serta outlet lainnya menuntut agar mereka mencabut pernyataan mereka mengenai perusahaan.

Satu outlet yang dilaporkan menerima surat dari Smartmatic tetapi belum mengeluarkan penghapusan atau klarifikasi publik adalah One America News Network, jaringan sayap kanan dan sycophantically pro-Trump dengan telah menyiarkan laporan serupa secara yang ada di Newsmax & Fox News yang menampilkan persekutuan tentang pemungutan suara elektronik.